Minggu, 19 September 2010

LIFE = CHOICE


Hidup adalah pilihan. 2 sisi yang berbeda, tidak searah, dan bertolak belakang.Masing-masing punya kekuatan dan kelemahannya. dan tidak ada yang hanya memiliki segi positifnya saja.Menentukan pilihan bagaikan bermain judi, penuh spekulasi, salah sedikit, kita akan masuk ke keadaan yang tidak menyenangkan. Namun itu bukanlah akhir dari segalanya, karena inilah hidup. Kita harus berani untuk menghadapinya.Sadari beberapa pilihan yang telah tersedia di sekitar, dengan memiliki pilihan maka kita dapat lebih muda mengendalikan hidup. 
Tentunya kita telah mengetahui bahwa setiap pilihan yang diambil membawa konsekuensi.Di setiap saat kita mengumpulkan masing-masing pilihan yang membawa konsekuensi semakin mendekatkan kita pada tujuan yang ingin dicapai. Tidak bisa disangkal bahwa untuk mewujudkan setiap keinginan setiap manusia perlu berusaha.Semua yang terjadi pada diri kita sepenuhnya ditentukan pada pilihan yang kita ambil.Karena kita yang menentukan semua pilihan tersebut,maka kita pula yang akan menanggung konsekuensi dari setiap pilihan tersebut,baik atau buruk.Kembali lagi saya tekankan,ketika kita tidak menentukan pilihan bagi diri kita maka orang lain (dengan senang hati) yang akan melakukannya untuk kita.Bahkan ketika kita memutuskan untuk tidak memilih,itu sendiri sudah merupakan pilihan (renungkanlah itu!!).


Ada kalanya di suatu waktu kita tidak tahu berbagai pilihan yang tersedia atau konsekuensi atas pilihan yang tersedia.Jika demikian, janganlah khawatir. Anda dapat selalu bertanya pada orang lain yang telah melalui berbagai pilihan tersebut. Apa pun yang anda lakukan, pasti pernah ada orang lain sebelumnya yang pernah melakukannya atau setidaknya melakukan hal yang mengarah ke tujuan yang serupa. Sehingga anda dapat selalu belajar dari pengalaman orang lain. Kata bijak mengatakan; "orang cerdas belajar dari kesalahannya sendiri, orang bijak belajar dari kesalahan orang lain. Karena anda bijak, maka bertanyalah".Konsekuensi yang anda terima atas suatu pilihan pastinya berbeda dengan yang diterima orang lain, walaupun pilihannya sama. Hal ini disebabkan karena kondisi dan situasi satu individu tentunya berbeda dengan individu lain.Ketika kita tidak lagi menyalahkan,melainkan mengambil pelajaran atas berbagai hal yang terjadi,maka kita pun tentunya tidak lagi mengeluh.


Kita mulai menyadari sepenuhnya bahwa mengeluh hanya menghamburkan sumber daya yang kita miliki untuk mencapai tujuan.Akan jauh lebih bijak ketika kita mulai bangkit dan berpikir untuk selanjutnya mewujudkan pemikiran kita.Memang,selalu saja ada pilihan dalam hidup.Selalu saja ada lakon-lakon yang harus kita jalani.Namun,seringkali kita berada dalam,kengerian,keraguan,dan kebimbangan untuk melangkah,tak mau menatap hidup.Karena hidup adalah pilihan,maka hadapilah itu dengan gagah.Dan karena hidup adalah pilihan,maka pilihlah dengan bijak.

Semoga kita dapat menentukan pilihan terbaik dalam hidup...^^

SEMANGAT!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar