Selasa, 21 September 2010

Beberapa hari yang lalu saya membaca status twitter teman saya,statusnya seperti ini "Memaafkan itu mudah". Setelah membaca statusnya saya mulai berfikir memaafkan memang mudah tapi bagaimana seharusnya sebuah maaf itu disampaikan??. Dengan berlinang air mata, kaki bersimpuh, tangan tengadah dan suara tinggi melengking nyaring? Dengan tenang, bibir tersenyum tipis, mata yang teduh, dan tangan berjabat? Dengan diam, kata terbatas, mata menelanjangi lantai tak berani saling tatap? Atau bahkan dengan kata-kata? Hahahaha,apapun itu caranya sebuah maaf akan menjadi maaf yang sebenar-benarnya bila  ditambahkan sebuah esensi yang paling utama yaitu "keikhlasan hati" benar tidak? hahahahha.

Kita bukan manusia yang sempurna, kita mempunyai sisi baik yang terkadang humanis tapi juga punya ego. Ego yang ketika tidak terkendali akan meletuskan perang, menumpahkan darah, atau sesedikitnya meneteskan air mata. Kadang terlalu banyak perbuatan kita yang merugikan orang lain sudah terlalu sering kita ulang, sehingga hal tersebut sudah tidak terasa layaknya sebuah dosa lagi. Dan TUHAN tau itu,beruntung saja pengendali kita yang berada diatas sana masih menjaga dengan rapat aib-aib kita bersamaNYA. 

Derajat keindahan sebuah kata maaf kadang tercoreng karena kemudahan untuk menyampaikannya, sehingga semua terasa seperti tidak ikhlas. Dan bagi saya sendiri, proses mencari maaf adalah proses yang panjang dan melelahkan. Mengapa demikian? Karena proses ini juga merupakan proses bercermin yang begitu sulit. Kesalahan kita, sebesar apapun, tidak akan pernah bisa tampak di mata sendiri kecuali disadari. Sedang kesalahan orang lain, sekecil apapun, akan otomatis muncul di kepala kita. Memohon maaf secara ikhlas adalah hal yang paling sulit yang bisa dilakukan seorang manusia.
Membutuhkan pengorbanan serta keberanian, yang kadang saya sendiri masih kurang memiliki kedua-duanya. Tapi saya selalu berusaha, agar setiap maaf yang saya ucapkan, adalah maaf yang bukan hanya di mulut atau di jari saja, tapi juga di hati. Maaf yang merupakan sebuah pengakuan bahwa kita sebagai manusia tidaklah sempurna, dan pasti cacat dimana-mana.

Marilah kita belajar untung memaafkan..^^
"We can do it"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar