Kamis, 18 November 2010

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata: salah, kesalahan?
Mungkin jawabannya sesuatu yang buruk, jelek, dan jelas kalau salah ya salah, keliru, ngga bener, sesuatu yang harus dihindari.
Tapi wajar kan kalau seseorang berbuat kesalahan, keliru dalam melakukan sesuatu. Manusia kan ngga ada yang sempurna.
Jujur dalam melakukan sesuatu, misalnya dalam hal pekerjaan, saya sendiri takut kalau saya melakukan kesalahan. Baik yang sifatnya sepele sampai yang besar sekalipun.
Ketika sudah terbukti salah kadang sulit menerimanya. Kok bisa salah sih? Kenapa bisa begitu? Kenapa saya bisa salah? Itu karena saya takut menghadapinya. Dan saya sering lupa bahwa terkadang kita melakukan kesalahan itu juga agar bisa belajar di kemudian hari untuk tidak mengulanginya.

Seperti ketika masih sekolah, takut banget kalo soal yang dikasih guru untuk dikerjakan hasilnya salah. Apalagi kalo gurunya galak, udah gitu dimarahin, "Ngerjain soal macam begini aja ngga bisa!" Beuuhh... Serasa disambar petir di siang bolong.
Mungkin mestinya dari kecil diajarkan buat memahami bahwa 'salah' itu ngga selamanya buruk. Kita harus bisa menerima kesalahan dan juga belajar dari kesalahan itu.

Tapi ngajarin anak kecil gitu ngga gampang.

Contohnya kemarin2 kebetulan saya mengajarkan menghitung dan komputer buat anak2 SD ditempat tante saya tinggal. Saya kasih mereka 10 soal buat dikerjakan bersama,keesokan harinya ketemu lagi dan mereka semangat banget ngasih tugas yang saya kasih..Dari 10 soal yang saya berikan dijawab dengan benar 9 soal. Mungkin karena kurang teliti atau apa, entahlah. Saya kasih nilai 90, eh ada seorang anak  malah ngambek.
Saya tanya kenapa, dia bilang dia ngga mau jawabannya dibilang salah, pokoknya harus benar. "Lah tapi itu kan emang salah, Dek? Lagian salah juga ngga apa-apa kok. Namanya juga lagi belajar, jadi kalo gini kan bisa tau salahnya, biar besok2 kalo jawab soal kaya gini ngga salah lagi." Dan hasilnya setelah saya jelaskan panjang lebar gitu, eh dia malah nangis... Duh, susah emang...
Setelah saya hapus jawabannya yang salah, trus saya ganti juga nilainya jadi 100, barulah dia ngga nangis lagi.

"Susah buat nerima kesalahan, " :p
Iya sih, tapi bukan berarti ngga bisa belajar menerima kesalahan kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar